Kamis, 01 Oktober 2015

Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Membuat Kerajinan Paper Quilling melalui Media Video Tutorial pada Siswa Kelas X SMALB-B SLB Negeri Semarang Semester 2 Tahun 2014/2015


Latar belakang penelitian tindakan kelas didasarkan permasalahan yang ada di kelas X SMALB-B SLB Negeri Semarang semester 2 tahun 2014/2015 pada pelajaran keterampilan kerajinan tangan paper quilling yaitu nilai praktik siswa yang kurang dari indikator RPP.
Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas X SMALB-B SLB Negeri Semarang semester 2 tahun 2014/2015 pada aspek kemampuan menghasilkan jumlah produk dan jumlah warna kertas yang digunakan, peningkatkan keaktifan siswa dalam aspek sikap dan perilaku saat menyaksikan video tutorial, peningkatan keaktifan  siswa aspek penyiapan bahan/alat dan aspek kemampuan pada proses pembuatan benda kerajinan paper quilling setelah menggunakan media video tutorial.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kemampuan siswa pada pembelajaran kerajinan paper quilling. Objek penelitian adalah siswa kelas X SMALB-B SLB Negeri Semarang semester 2 tahun 2014/2015 sebanyak 9 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara berulang sebanyak  dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan (tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan/persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar penilaian hasil tugas praktek. Analisis data yang digunakan adalah descriptive persentase dengan tehnik analisis skor gain (nilai akhir setelah dilakukan tindakan dikurangi dengan nilai kondisi awal).
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian yaitu ada peningkatan kemampuan siswa kelas X SMALB-B SLB Negeri Semarang semester 2 tahun 2014/2015 dalam membuat kerajinan paper quilling setelah menggunakan media video tutorial untuk aspek kemampuan menghasilkan produk sebesar 77,61 % dan peningkatan kemampuan menggunakan warna kertas sebesar 80,30 %. Ada peningkatan keaktifan siswa aspek sikap sebesar 71,87% dan aspek perilaku 63,26 %. Peningkatan juga terjadi pada aspek keaktifan siswa menyiapkan bahan sebesar 68,91% dan aspek membuat benda kerajinan sesuai tahapan sebesar 63,62%.
Kesimpulan adalah ada peningkatan kemampuan siswa kelas X SMALB-B SLB Negeri Semarang semester 2 tahun 2014/2015 dalam membuat kerajinan paper quilling melalui video tutorial.  Saran bagi guru adalah untuk meningkatkan kemampuan keaktifan dan kreativitas siswa SMALB-B pada pembelajaran kerajinan paper quilling, dapat digunakan video tutorial sebagai alat peraga pembelajaran yang menarik, efisien, memiliki materi yang mudah dipahami, dan tampilan menarik dan dapat digunakan berulang-ulang.
Kata Kunci : Kemampuan siswa, Kerajinan  paper quilling, Media video tutorial

0 komentar:

Posting Komentar