Sabtu, 21 November 2015

Karakteristik Kurikulum 2013



Kurikulum 2013 merupakan Kurikulum baru yang merupakan pengganti dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) yang telah berlaku 8 tahun sejak 2006 silam. Kurikulim 2013 telah digembar-gemborkan sejak tahun 2013 dan sampai saat ini telah diberlakukan di beberapa sekolah-sekolah di Indonesia. Kurikulum 2013 ini diharap mampu memajukan sistematika pendidikan di Indonesia. Meskipun banyak kalangan yang tidak setuju dengan pembaharuan ini karena berbagai alasan. Akan tetapi, tentunya pemerintah juga memiliki alasan untuk memberlakukan Kurikulum 2013. Kurikulum ini digadang-gadang mampu menjawab tantangan perubahan jaman di masa kini. Apa yang istimewa dari kurikulum ini?  Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.
  1. Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;
  2. Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;
  3. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  4. Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran;
  5. Mengembangkan Kompetensi Inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti;
  6. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

0 komentar:

Posting Komentar